Disini bakal gw kasi tau cara troubleshooting untuk masalh di jaringan atau bahkan yg biasa di pake di luar IT, kalo mau lebih rincinya bisa googling, gw kasi tau aja yg umumnya aja dulu yg pernah gw pake sampai saat ini ada yg mao nambahin silahkan.
1. Lu harus tau dulu problemnya
Definisiin dan lu identifikasi dulu problemnya klau identifikasi lu bener, bisa aja problem di
selesaikan tanpa harus troubleshooting, bisa aja karena kesalahan lu sendiri atau user di
tempat lu kerja,
contoh simple:pernah gw temuin temen gw complain beli laptop gw klo tuh laptop kaga bisa ngeluarin suara dan kaga bisa wireless atau maen hotspot, gw kasi tau kalo disitu indikator led suara dan wireless off makanya kaga bisa,tinggal di pencet doang sih,mungin tuh laptop pernah dimaenin ama adiknya atau tetangganya kali sampe bisa gitu.
Karena pada dasarnya problem yg kita hadapi adalah kondisi ketika harapan dan kenyataan beda,bisa lu kembangin harapan lu sehingga cocok dengan kenyataan yg ada.
2.yg ini buat org2x IT, permasalahn yg sering terjadi,yaitu Mesin dan Orang ,
enaknya mesin itu ikut
orang atau orang yg ikut mesin? maksud disini adalah lu tuh mao ikutin mesin/fungsi/sistem
yg udah ada, atau mesin/fungsi/sistem yg harus ikut lu,
masing2x kan punya kelebihan dan kekurangan dan itu sesuai dengan situai kondisi di tempat
mana lu berada,dan lu sebagai penengah atau ide creator mengenalkan mana yg terbaik atau
cocok untuk situasi kondisi yg lu hadapi
3.ada ribuan faktor jika kita nemuin suatu permasalahan, itu sebabnya harus identifikasi dulu problemnya itu apa, seperti error pada PC di rumah,atau error di tempat lu bekerja,bahkan lu sendiri yg error,
Error itu sendiri ada yg bisa diulang atau ada alurnya dan error yg ngacak(kaga jelas errornya dimana),
So klo kita melakukan Troubleshooting sebenernya menentukan problem yg dihadapi itu apakah problem yg sering terjadi atau problem yg beda beda.
Problem yg sering terjadi pasti bisa di selesaikan coz pastilah ada dokumentasinya, kita tuh hanya butuh waktu saja sampai kapan bisa menyelesaikannya,
so klo menemukan problem yg gak jelas, baiknya kita tes dulu di tempat yg gak ada problemnya atau dimana kondisi normal berada, kemudian tes
jika lu bisa menciptakan suatu problem atau error pada suatu mesin/fungsi/sistem maka lu juga bisa menyelesaikannya.
Contohnya pernah gw bikin PC temen gw jadi error bahkan sampai sistem operasinya kaga beraturan,karena gw tau errornya dimana,jadi bisa gw selesaikan hari itu juga
tapi sangat disayangkan hari itu gw balik ke rumah dan lupa kalo tuh pc masi error ;-) sory bro
1. Lu harus tau dulu problemnya
Definisiin dan lu identifikasi dulu problemnya klau identifikasi lu bener, bisa aja problem di
selesaikan tanpa harus troubleshooting, bisa aja karena kesalahan lu sendiri atau user di
tempat lu kerja,
contoh simple:pernah gw temuin temen gw complain beli laptop gw klo tuh laptop kaga bisa ngeluarin suara dan kaga bisa wireless atau maen hotspot, gw kasi tau kalo disitu indikator led suara dan wireless off makanya kaga bisa,tinggal di pencet doang sih,mungin tuh laptop pernah dimaenin ama adiknya atau tetangganya kali sampe bisa gitu.
Karena pada dasarnya problem yg kita hadapi adalah kondisi ketika harapan dan kenyataan beda,bisa lu kembangin harapan lu sehingga cocok dengan kenyataan yg ada.
2.yg ini buat org2x IT, permasalahn yg sering terjadi,yaitu Mesin dan Orang ,
enaknya mesin itu ikut
orang atau orang yg ikut mesin? maksud disini adalah lu tuh mao ikutin mesin/fungsi/sistem
yg udah ada, atau mesin/fungsi/sistem yg harus ikut lu,
masing2x kan punya kelebihan dan kekurangan dan itu sesuai dengan situai kondisi di tempat
mana lu berada,dan lu sebagai penengah atau ide creator mengenalkan mana yg terbaik atau
cocok untuk situasi kondisi yg lu hadapi
3.ada ribuan faktor jika kita nemuin suatu permasalahan, itu sebabnya harus identifikasi dulu problemnya itu apa, seperti error pada PC di rumah,atau error di tempat lu bekerja,bahkan lu sendiri yg error,
Error itu sendiri ada yg bisa diulang atau ada alurnya dan error yg ngacak(kaga jelas errornya dimana),
So klo kita melakukan Troubleshooting sebenernya menentukan problem yg dihadapi itu apakah problem yg sering terjadi atau problem yg beda beda.
Problem yg sering terjadi pasti bisa di selesaikan coz pastilah ada dokumentasinya, kita tuh hanya butuh waktu saja sampai kapan bisa menyelesaikannya,
so klo menemukan problem yg gak jelas, baiknya kita tes dulu di tempat yg gak ada problemnya atau dimana kondisi normal berada, kemudian tes
jika lu bisa menciptakan suatu problem atau error pada suatu mesin/fungsi/sistem maka lu juga bisa menyelesaikannya.
Contohnya pernah gw bikin PC temen gw jadi error bahkan sampai sistem operasinya kaga beraturan,karena gw tau errornya dimana,jadi bisa gw selesaikan hari itu juga
tapi sangat disayangkan hari itu gw balik ke rumah dan lupa kalo tuh pc masi error ;-) sory bro
0 comments:
Post a Comment